Konsumsi Sehat saat Berpuasa

ucapan selamat puasa

Berpuasa adalah salah satu bagian dari rukun Islam yang harus dijalankan oleh kaum muslimin. Menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu sejak munculnya waktu fajar hingga tergelincirnya matahari bukanlah hal yang mudah. Namun, seringkali banyak orang tidak menyadari bahwa agar badan tetap sehat dan puasa lancar maka perlu mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi.
Banyak orang mengira bahwa menu makanan yang banyak ditemukan di sekelilingnya adalah baik bagi kesehatan, terlebih bagi dirinya yang tengah berpuasa. Namun, anggapan seperti itu ternyata salah loh, Ladies. Justru dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sembarangan akan membuat tubuh menjadi lemah dan letih saat puasa. Jika tidak ingin demikian, berikut ini tips makanan sehat saat sahur dan berbuka.

Makanan Sehat Saat sahur:

1. Utamakan mengkonsumsi air, vitamin, dan minuman elektrolit
Jika selama ini Anda kurang mengkonsumsi air, bisa saja digantikan dengan mengkonsumsi banyak buah yang mengandung air seperti semangka. Selain mengandung banyak air, buah semangka juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain dua hal tersebut, Anda juga bisa mengkonsumsi buah yang mengandung elektrolit seperti kelapa. Air kelapa mengandung elektrolit tinggi yang berguna menggantikan cairan yang hilang selama puasa.

2. Perbanyak mengkonsumsi makanan kaya serat
Serat banyak terdapat pada buah dan sayuran. Mengkonsumsi banyak sayuran dan buah dapat memperlancar sistem pencernaan saat puasa.

3. Menu dengan karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks banyak terdapat pada gandum, nasi merah, dan ubi. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat menstabilkan gula darah dan dapat memberikan ‘efek’ kenyang lebih lama.

4. Hindari makanan yang digoreng
Hindari makanan yang digoreng, terlebih menggunakan minyak lebih dari dua kali penggorengan. Hal ini dapat menyebabkan radikal bebas dengan mudahnya masuk ke dalam tubuh Anda dan ikut dalam peredaran darah.

Makanan Sehat Saat berbuka:

1. Hindari minum manis
Jika selama ini kita banyak mengenal bahwa minuman atau makanan manis sangat baik bagi orang berpuasa, ada baiknya kita mengubah pemikiran tersebut. Mengkonsumsi makanan dan minuman manis bisa menyebabkan gula darah selama puasa yang semula normal menjadi naik secara drastis. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi penderita penyakit gula. Sebaiknya, berbukalah dengan menggunakan air hangat, jus buah tanpa gula, atau air kelapa.

2. Konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks
Sama halnya dengan saat sahur, saat berbuka ada baiknya tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan karena akan berakibat lemas, kekenyangan, dan mengantuk saat tarawih. Sebaiknya, berbukalah dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks karena memberikan rasa kenyang yang stabil.

3. Hindari makanan yang digoreng
Mengkonsumsi makanan yang digoreng dapat menyebabkan melambatnya peredaran darah dalam saluran cerna. Selain itu, makanan yang digoreng juga mengikat oksigen pada darah hingga 20%.

4. Banyak mengkonsumsi air mineral
Untuk memperlancar aliran darah pada tubuh, sebaiknya konsumsi air mineral minimal satu liter sebelum tidur.

Jadi, puasa bukan berarti “segala makanan masuk perut” loh.. 😀 Meski puasa, aturan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tetap ada untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
Selamat Menjalankan Ibadah Puasa…

Iklan

Tentang Andi (Nurse Boy)

AKU TUH ASIK BANGET PRIBADINYA (kalo udah tau sela nya), APA ADANYA, CARE, & YANG PASTI-PASTI AJA LAAAAH... :)
Pos ini dipublikasikan di LINTAS MEDIS dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s